JAWABAN UTS
TEKNOLOGI INFORMASI
Tanggal :26 februari 2016
Waktu : 90 menit
Nama : abdul azis al-amin a.s
Kelas : A
Angkatan : 11
1. Jelaskan
secara terperinci tentang teknologi dipandang dari sudut : pengertian,
perkembangan, pengelompokan, komponen, klasifikasi, serta peran dan manfaat ?
a.
Pengertian teknologi informasi : Teknologi
Informasi (TI),
atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology
(IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia
dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan
informasi.
b. perkembangan
teknologi : – Perkembangan teknologi telah berkembang sangat pesat
hingga sekarang. Dulunya banyak daerah-daerah terpencil yang tidak terjamah
oleh teknologi, kini dapat merasakan juga teknologi informasi yang beredar saat
ini. Kini kita dapat menikmati teknologi informasi dimana saja yang kita mau.
Teknologi Informasi sebenarnya sudah hadir
sejak dahulu. Dulu manusia menciptakan teknologi karena dorongan akan hidup
lebih baik. Sehingga mendorong manusia untuk membuat sebuah teknologi yang
dapat membantu mereka dalam hal pekerjaan. Sehingga munculnya teknologi hingga
sekarang.
Saat ini Teknologi informasi masih berkembang pesat di segala aspek
kehidupan. Dari yang sederhana, hingga yang mutakhir. Di berbagai negara maju
dan berkembang, hadir teknologi-teknologi baru yang dapat membantu kita dalam
hal perkerjaan.
Dapat disimpulkan bahwa Perkembangan teknologi informasi pada saat ini maju
sangat pesat dari abad ke 19, menuju abad ke 20. Dapat diprediksikan bahwa abad
ke 21 akan mempunyai perkembangan teknologi yang lebih mutakhir yang akan lebih
bermanfaat bagi manusia.
c. MANFAAT
TEKNOLOGI INFORMASI :
1) Dapat Menjangkau Lebih Jauh Dengan
adanya internet, kita dapat menjangkau lebih jauh di semua belahan dunia.
Contohnya saja kita berjualan, kita dapat menjangkau seluruh Indonesia, atau
bahkan mancanegara untuk memperjualbelikan produk kita.
2)
Menemukan Lebih Cepat Dalam dunia pendidikan
tentunya kita tidak dapat hanya mengandalkan guru saja. Oleh karena itu, kita
dapat memanfaatkan internet untuk mencari hal apapun yang berhubungan dengan
pendidikan. Selain itu, pengajar juga dapat menerapkan konsep belajar yang
kreatif dan atraktif.
d.
PENGELOMPOKAN TEKNOLOGI INFORMASI
:
1.
TeknologiMasukan
Teknologi masukan (input
technologi) adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan
data kedalam system komputer.Contoh: keyboard, mouse.
2.
MesinPemroses
Mesin pemroses lebih dikenal
dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. CPU merupakan bagian system komputer
yang menjadi pusat pengolah data dengan cara menjalankan program yang
mengaturpengolahan tersebut.
3.
TeknologiPenyimpanan
Teknologi penyimpanan dibedakan
menjadi 2 kelompok yaitu:
a.
Memory Internal (biasa disebut main memory atau memori utama)
Berfungsi sebagai pengingat
sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketika proses
pengolahannya dilaksanakan oleh CPU .Contoh: RAM dan ROM.
b.
Memory Eksternal (penyimpanan sekunder)
Adalah segala piranti yang
berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Contoh: Hardisk, disket,
flashdisk.
4.
Teknologi keluaran
Teknologi keluaran adalah
teknologi yang berhubungan dengan segala piranti yang berfungsi untuk
menyajikan informasi hasil pengolahan system. Contoh: layar dan monitor.
5.
TeknologiPerangkatLunak
Teknologi perangkat lunak disebut juga dengan program yaitu deretan
instruksi yang digunakan untuk mengendalikan computer sehingga computer dapat
melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki. Contoh: microsoft word, Adobe
Photoshop, dll
e. KOMPONEN SISTEM
TEKNOLOGI INFORMASI
Sistem Teknologi Informasi adalah sistem yang terbentuk sehubungan dengan
penggunaan teknologi informasi.Komponen utamasistem teknologi informasi yaitu:
1. Perangkat keras( hardware)
2. Perangkat Lunak (Software)
3. Orang (brainware)
f. KLASIFIKASI SISTEM
TEKNOLOGI INFORMASI
1)
Menurut Fungsi Sistem
-
sistem teknologi informasi yang melekat (embedded IT system) adalah system
teknologi informasi yang melekat pada produk lain.
-
Sistem teknologi informasi yang khusus (dedicated IT system) adalah
teknologi informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Contoh:
ATM
-
Sistem teknologi informasi serbaguna (general purpose IT system) adalah
system teknologi informasi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai
aktifitas yang bersifat umum. Contoh: PC
a.
Super computer
Super computer adalah jenis
komputer yang memiliki kecepatan proses paling cepat. Bisa digunakan untuk
menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalkan untuk
peramalan cuaca dan perancangan roket. Diantara jenis komputer super yang
terkenal adalah Cray (buatan Cray Research, Inc.) dan IBM ASCI White (buatan
IBM / International Business Machine).
b.
Mainframe
Mainframe/
bisa juga disebut komputer besar, merupakan jenis komputer yang digunakan pada
perusahaan skala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume sangat
besar. Perusahaan komputer yang menjadi pemain utama pada kelas komputer ini
adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys.
c.
Workstation
Komputer
Workstation (Terminal kerja) merupakan mesin yang powerfull. Artinya di
komputer ini segala pekerjaan diselesaikan. Komputer-komputer ini mempunyai
kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi perhitungan yang rumit.
Komputer-komputer ini menggunakan UNIX atau beberapa operating system/sistem
operasi NT. Komputer-komputerinidilengkapidenganprosesor RISC yang powerful seperti
Digital Alpha atau MIPS.
d.
Mikrokomputer
Komputer mikro adalah komputer
personal (personal computer/PC) yang umumnya single user atau stand
alone, namun saat ini telah banyak PC yang dilengkapi dengan peripheral card untuk
koneksi jaringan atau internet. PC biasanya berupa desktop, yaitu komputer yang
biasanya digunakan di meja tempat bekerja atau belajar. Dengan perkembangan
teknologi hardware PC saat ini menjadi semakin kecil dan portabel seperti
notebook yang memiliki kemampuan sama dengan PC desktop. Oleh sebagian orang,
notebook disebut sebagai laptop yang memiliki arti yang sama. Bahkan saat ini
juga terdapat PC tablet, personal Data Asistant (PDA) atau PC
saku (pocket PC) yang kemampuannya hampir sama dengan notebook.
e.
Microcontroller
Mikrokontroler atau sering disebut sebagai embedded computer merupakan
mikroprosesor khusus yang berukuran kecil yang biasa dipasang pada peralatan
elektronis cerdas, seperti mobil dan lift. Mikroprosesor
ini membuat peralatan dapat diprogram. Perusahaan yang terkenal nenproduksi
adalah Motorola dan Texas Instrument.
g. Peran teknologi
informasi :
Ada 5 peranan mendasar teknologi informasi di sebuah perusahaan, yaitu:
1.
Fungsi Operasional akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambil alih
fungsinya oleh teknologi informasi. Karena
sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit terkait
dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai supporting
agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm
infrastructure.
2.
Fungsi Monitoring and Control mengandung arti bahwa keberadaan teknologi informasi akan menjadi bagian
yang tidak terpisahkan dengan aktivitas di level manajerial embedded di
dalam setiap fungsi manajer, sehingga struktur organisasi unit terkait
dengannya harus dapat memiliki span of control atau peer relationship
yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif dengan para manajer di
perusahaan terkait.
3.
Fungsi Planning and Decision mengangkat teknologi informasi ke tataran peran
yang lebih strategis lagi karena keberadaannya sebagai enabler dari rencana
bisnis perusahaan dan merupakan sebuah knowledge generator bagi para
pimpinan perusahaan yang dihadapkan pada realitas untuk mengambil sejumlah
keputusan penting sehari-harinya. Tidak jarang perusahaan yang pada akhirnya
memilih menempatkan unit teknologi informasi sebagai bagian dari fungsi
perencanaan dan/atau pengembangan korporat karena fungsi strategis tersebut di
atas.
4.
Fungsi Communication secara prinsip termasuk ke dalam firm infrastructure dalam era
organisasi moderen dimana teknologi informasi ditempatkan posisinya sebagai
sarana atau media individu perusahaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi,
berkooperasi, dan berinteraksi.
5.
Fungsi Interorganisational merupakan sebuah peranan yang cukup unik karena dipicu oleh semangat
globalisasi yang memaksa perusahaan untuk melakukan kolaborasi atau menjalin
kemitraan dengan sejumlah perusahaan lain. Konsep kemitraan strategis atau partnerships
berbasis teknologi informasi seperti pada implementasi Supply Chain
Management atau Enterprise Resource Planning membuat perusahaan
melakukan sejumlah terobosan penting dalam mendesain struktur organisasi unit
teknologi informasinya. Bahkan tidak jarang ditemui perusahaan yang cenderung
melakukan kegiatan pengalihdayaan atau outsourcing sejumlah proses bisnis
terkait dengan manajemen teknologi informasinya ke pihak lain demi kelancaran
bisnisnya. Tipe dan fungsi peranan teknologi informasi ini secara langsung akan
berpengaruh terhadap rancangan atau desain struktur organisasi perusahaan; dan
struktur organisasi departemen, divisi, atau unit terkait dengan sistem
informasi, teknologi informasi, dan manajemen informasi.
2.
Jelaskan secara terperinci pengertian hardware(perangkat keras), software(perangkat
lunak), dan komputer ?
a. Hardware (Perangkat Keras) : Suatu komponen yang ada pada komputer, bisa dilihat secara kasat mata
dan mampu disentuh secara fisik. Sementara itu, contoh dari hardware itu
sendiri yakni :
b. Software (Perangkat Lunak) : Kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data
elektronik yang disimpan komputer bisa berupa program yang berguna untuk
menjalankan suatu perintah. Software ini tidak bisa dipegang. Contoh dari
software yakni :
-
Sistem Operasi : Software yang memang ada untuk
jalur penghubung antara pengguna dengan hardware. Contohnya seperti : Windows,
Linux dan Mac OS.
-
Software Aplikasi : Software yang berguna untuk
diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan pengguna. Contohnya
seperti : Microsoft Office, Libre Office dan sebagainya
c. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada
awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,
tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika.
3. Jelaskan secara
terperinci tentang pemograman dipandang dari sudut : pengertian dan defenisi,
bahasa pemograman, serta langkah-langkahnya ?
a. Pengertian pemograman : Pemrograman
adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara
kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan
dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu
perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram (programmer).
Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan di
banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.
b. Defenisi pemograman : Pemrograman adalah
sebuah seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan
dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi sebuah
program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman
yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.
c. Bahasa pemograman : Bahasa pemrograman,
atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk
memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari
aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan
program komputer. Bahasa
ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana
yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan,
dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai
situasi.
d. Langkah langkah
pemograman : Tahap-tahap
pembuatan program secara teori dasar :
1. Defining the
problem ( definisi masalah )
Masalah disini
yaitu masalah yang akan di analisis dan selanjutnya di pecahkan melalui program
atau aplikasi melihat dari sundut pandang kebutuhan.
2. Planning and
Design System ( perencanaan dan desain system )
Pada tahapan
ini sangat diperlukan, karena tanpa tahapan planning pekerjaan yang dilakukan
akan sia-sia tentunya dan memakan waktu yang lama. dengan planning system akan
jelas serta tampilan aplikasi yang dibuat juga terarah. biasanya perancangan
system dilakukan oleh system analyst yang selanjutnya di kerjakan oleh seorang
programmer.Design System ini biasanya menggunakan Flowchart System atau symbol
alur program dan sebagainya.
3. Implementasi
Pada tahap ini
programmer tentunya mengimplementasikan rancangan ke dalam bentuk struktur
coding atau sering di sebut code a programmer languange. Bahasa program
tentu banyak tergantung pemakaian.
4. Documentation
( dokumentasi )
Setelah tahap
implementasi dilakukan dan program sudah mencakup 80 % selanjutnya buat lah
dokumentasi atau komentar-komentar pada cuplikan program, tujuannya adalah jika
terjadi debug atau problem kita dapat mengoreksinya dengan mudah dan sebaliknya
orang dapat mengoreksi program yang kita buat.
5. Testing
Tahap testing
juga tidak luput dari pembahasan seperti yang di kutip dari blog sebelah yaitu
tahap :
-
Unit Testing
Menguji setiap unit dan modul yang terdapat dalam program tersebut.
Menguji setiap unit dan modul yang terdapat dalam program tersebut.
-
Integration
Testing
Menguji integrasi yang dilakukan kepada program seperti halnya ketika program tersebut sudah diinstall di client kita yang membutuhkan integrasi dengan sisitem yang lain seperti halnya integrasi dengan database.
Menguji integrasi yang dilakukan kepada program seperti halnya ketika program tersebut sudah diinstall di client kita yang membutuhkan integrasi dengan sisitem yang lain seperti halnya integrasi dengan database.
-
Validation
Testing
menguji masukan yang diberikan kepada program. apapun masukannya program harus bisa menyelesaikan dengan baik.
menguji masukan yang diberikan kepada program. apapun masukannya program harus bisa menyelesaikan dengan baik.
-
Sistem Testing
Pada tahap ini menguji permorfa dari program, apabila program dijalankan dengan kondisi-kondisi tertentu bagaimana?
Pada tahap ini menguji permorfa dari program, apabila program dijalankan dengan kondisi-kondisi tertentu bagaimana?
6. Maintenance
Program tanpa
maintenance tentu tidak update dalam masalah bug error report yang dikeluhkan
oleh pemakaian. Agar aplikasi dapat di kembangkan kembali beberapa tahun
kemudian atau open source serta ada juga close source yang tidak bisa di
kembangkan oleh pihak lain biasanya ditentukan oleh lisensi sebuah program
hanya untuk pemakaian saja.
4. Elaskan secara
rinci dari sudut teoritis tentang multimedia, selanjutnya secara praktis
multimedia berperan positif khusunya dalam bidang pendidikan, jelaskan dan
tanggapi oleh saudara pernyataan tersebut ?
1.
Multimedia
a.
Sudutteoritistentang multimedia
Multimedia
adalah suatu penggunaan gabungan beberapa media dalam menyampaikan informasi
yang berupa teks, grafis, animasi, video, dan audio.
b.
JelaskandantanggapitentangPeranpositif
multimedia dalampendidikan
1)
Penggunaan multimedia berbasis komputer
dalam pembelajaran dapat diterima dalam pelatihan dan pembelajaran.
2)
Dapat memberikan jawaban atas suatu
bentuk pembelajaran yg menggunakan pendekatan secara tradisional dimana
pendekatan tersebut cenderung teacher centered dan kurang interaktif
3)
Multimedia berbasis komputer dapat
membuat siswa lebih mengingat materi yang dipelajari
5. Menurut sementara
orang, internet dapatberdampak negatif dalam kehidupan, jelaskan oleh saudara
mengapa internet dapat berdampak negatif dalam kehidupan, selanjutnya jelaskan
pula oleh saudara bahwa internet pula dapat berdampak positif khusunya dalam
dunia pendidikan ?
Di bawah ini akan dijelaskan dampak negatif dari penggunaan internet :
a.
Dampak Negatif
-
Pornografi Internet seringkali di salah gunakan untuk hal hal yang kurang
baik salah satunya Pornografi yang sudah merajalelah dengan demikian Untuk
mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan
kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.akibat salah
menggunakan banyak sekali tingkah asusila atau kriminal.
-
Violence and Gore Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena
segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs
menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya
dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
-
Penipuan Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput
dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau
mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
-
Carding Karena sifatnya yang real time(langsung), cara belanja dengan
menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia
internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam
bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya
transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang
digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk
kepentingan kejahatan mereka.
-
Perjudian Banyak sekali pengguna internet yang menggunakan internet sebagai
alat judi yang sangat luas bagi semua kalangan ,bukan hanya bagi orang dewasa
bahkan anak anak pun seringkali menyalah gunakan internet sebagai alat
perjudian. Kesimpulannya Internet adalah media sosial bagi manusia untuk
mempermudah atau membantu setiap manusia untuk memenuhi apa yang di butuhkan
dari internet itu sendiri. Dampak dampak internet bagi kita manusia harus kita
pelajari sehingga kita manusia tidak lagi menyalah gunakan internet itu
sendiri. Di sini kita bisa belajar apa kegunaan internet bagi kita
manusia,karena kita manusia sering sekalai melakukan kesalahan yang
merugikan,ambilah sisi positif dari internet itu sendiri sehingga lebih berguna
untuk kita Manusia
Dalam dunia pendidikan dampak
positif dan negatif internet :
1.
Dampak positif :
e.
Dapat mempermudah mencari informasi atau data
f.
Guru dapat memberikan layanan tanpa harus bertatap muka dengan siswa
g.
Guru mendapat materi pendalaman dan pengembangan profesi
h.
Demikian pula siswa dapat lebih mudah mendapatkan informasin yang lebih
luas dalam sumber belajar
2.
Dampak negatif :
i.
Informasi yang kita peroleh sangat global
j.
Anak-anak yang belum cukup umur akan sangat berbahaya dalam perkembangannya
k.
Dalam penyampaian materi guru dan siswa tidak efektif karena jarang sekali
bertatap muka dengan siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar