Selasa, 26 April 2016

KESAN DAN PESAN KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI


KESAN DAN PESAN MENGIKUTI PERKULIAHAN
TEKNOLOGI INFORMASI



(Dr.hudi Hermawan.M.S)




Pada awal perkuliahan saya merasa penasaran dengan yang namanya perkuliahan Teknologi Informasi karena pada awalnya saya menganggap bahwa perkuliahan teknologi informasi sepertinya hanya pengulangan ketika ada perkuliahan pengantar teknologi informasi.
Ketika saya mengikuti perkuliahan minggu demi minggu dan bulan demi bulan ternyata setelah sampai ke pertemuan akhir di luar dugaan saya, ternyata terjawab sudah perkuliahan tentang teknologi informasi yang saya harapkan ini, ternyata banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dan lagi-lagi diluar dugaan. Perkuliahannya sangat menyenangkan, cara penyajian materinya tidak monoton, penuh dengan penggunaan teknologi , Dosennya sangat perhatian kepada mahasiswanya dan ilmu yang saya dapatkan selama mengikuti perkuliahan teknologi informasi ini sangat banyak sekali dan bisa diaplikasikan dalam pekerjaan.
.Saya merasa bahwa untuk dapat mewujudkan peran guru dalam memanfaatkan teknologi dan informasi dalam pembelajaran, guru dituntut untuk mampu meningkatkan diri menjadi guru profesional yang mampu memanfaatkan dan mengembangkan teknologi informasi yang lebih efektif, efisien dalam proses pembelajaran sehingga memudahkan peserta didik dalam pemahaman dan pengetahuan yang dapat meningkatkan hasil belajar.
Perkuliah teknologi pembelajaran yang diampu oleh Dr. Hudiana Hernawan, MS, telah menjawab masalah-masalah yang telah dipaparkan sebelumnya. Dosen mata kuliah tersebut telah memberikan banyak materi yang menyangkut tentang aplikasi-aplikasi untuk pembelajaran, misalnya MMI (Multimedia Interaktif), Mobile Learninge-Leraning, dan Digital Book yang memiliki softwareberaneka ragam. Dengan demikian, saya menyadari tentang media/aplikasi apa yang seharusnya dipakai dalam pembelajaran yang cocok, efektif dan efisien.
Selama masa perkuliahan, penulis merasa tertantang dengan adanya beberapa tugas yang salah satunya adalah pembuatan blog. Ini sangat penting mengingat saat ini kebanyakan orang mencurahkan ide/gagasan mereka lewat blog untuk dibaca khalayak umum. Dan saya pun dituntut untuk harus membuat/menyelesaikan tugas tersebut dengan baik, tidak asal-asalan karena akan dibaca oleh orang lain. Dan, Alhamdulillah, saya merasa ada peningkatan dari tugas posting pertama sampai tugas posting terakhir.
Dan saya juga merasa dalam perkuliahan teknologi informasi ini mempunyai lebih dalam penyampaian terhadap anak didik dalam bidang teknologi meskipun saya dalam mengajar tidak terlalu banyak menggunakan dalam penggunaan teknologi, tetapi saya merasa senang atau bahagia karena dapat mengetahui bagaimana cara kita sebagai guru dapat mempermudah dalam penyampaian materi terhadap anak didik kita....
Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Dosenku Bapak ku Dr.Hudiana Hernawan yang sangat professional dalam memberikan perkuliahan selama ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar