Kamis, 31 Maret 2016

digital e-book

TUGAS 10
DIGITAL E-BOOK


Buku elektronik (disingkat Buku-e atau ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. Dewasa ini buku elektronik diminati karena ukurannya yang kecil bila dibandingkan dengan buku, dan juga umumnya memiliki fitur pencarian, sehingga kata-kata dalam buku elektronik dapat dengan cepat dicari dan ditemukan. Terdapat berbagai format buku elektronik yang populer, antara lain adalah teks polos, pdf, jpeg, doc lit dan html. Masing-masing format memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan juga bergantung dari alat yang digunakan untuk membaca buku elektronik tersebut.
Ada banyak manfaat dari E-Book, antara lain:
  • Ukuran fisik kecil, 
  • Mudah dibawa, Beberapa buku dalam format eBook dapat dibawa dengan mudah, sementara itu membawa buku dalam format cetak sangat berat.
  • Tidak lapuk, eBook tidak menjadi lapuk layaknya buku biasa. Format digital dari eBook dapat bertahan sepanjang masa dengan kualitas yang tidak berubah.
  • Mudah diproses, Isi dari eBook dapat dilacak, di-search dengan mudah dan cepat. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang yang melakukan studi literatur.
  • Mudah didistribusikan.
  • Penggandaan (duplikasi, copying), eBook  sangat mudah dan murah. Untuk membuat ribuan copy dari eBook dapat dilakukan dengan murah, sementara untuk mencetak ribuan buku membutuhkan biaya yang sangat mahal. (Tentunya kemudahan penggandaan ini memiliki efek ganda, yaitu mudah dibajak. Tapi ini cerita lain.)

Digital book memiliki banyak sekali manfaat. Sebagai seorang guru, digital book merupakan media yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran yang pastinya dapat menarik minat siswa untuk belajar. Format digital book bermacam-macam, ada yang berupa pdf (portable document format) yang dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya. Ada juga yang dengan bentuk format htm, yang dapat dibuka dengan browsing atau internet eksplorer secara offline. Ada juga yang berbentuk format exe. Pada kebanyakan e-book menggunakan bentuk format pdf. Karena lebih mudah dalam mempergunakannya dan mudah dalam mengolah security.
Salah satu software yang dapat digunakan untuk membuat digital book (e-book) adalah 3D Pageflip Pro. Di bawah ini saya akan menjelaskan secara singkat mengenai 3D Pageflip Pro.


3D PageFlip


3D PageFlip adalah pilihan yang tepat untuk berkreasi membuat Digital book. 3D PageFlip adalah aplikasi flash flipbook yang dapat digunakan untuk mengubah file PDF, Word, PowerPoint, dan Excel ke bentuk flipbooks realistis. Dengan software flash flipbook, sobat dapat membuat majalah, katalog, e-brosur, eBook atau e-surat kabar menakjubkan berbentuk 3D..dengan kata lain dengan software ini kita dapat membuat majalah online atau epaper dengan cara menjadikan file flash lalu embed ke page html halaman web atau blog.

A.      Cara Menyisipkan Video pada 3D Pageflip Pro
Terlebih dahulu pastikan aplikasi 3D Pageflip Pro telah terinstal di komputer kita.
1.     Buka aplikasi 3D Pageflip Pro
2.     Klik “Create New”


3.     Klik “Browse”, cari file pdf yang akan di import, kemudian klik “import now”, maka akan muncul seperti tampilan di bawah ini

4.     Klik “Edit Pages”, akan muncul Flip Pages Editor


5.     Klik “Add Movie”


6.     Buatlah kotak untuk tempat menyimpan video, kemudian double klik kotak yang telah dibuat.


7.     Cari file movie yang akan di masukan

8.     Klik “Open”

9.     Video yang di masukkan akan tampil di kotak


B.      Cara Menyisipkan Audio Audio pada 3D Pageflip Pro
1.     Lakukan langkah 1-4 seperti pada langkah menyisipkan video
2.     Klik “Add Sound”



3.     Buatlah kotak kecil di sudut untuk tempat menyimpan audio, kemudian double klik kotak yang telah dibuat.



4.     Cari file audio yang akan di masukan.
5.     Klik “Open”
6.     Audio yang di masukkan akan tampil di kotak


C.      Cara Menyisipkan Gambar pada 3D Pageflip Pro
1.     Lakukan langkah 1-4 seperti pada langkah menyisipkan video
2.     Klik “Add Image”


3.     Buatlah kotak untuk tempat menyimpan gambar, kemudian double klik kotak yang telah dibuat.

4.     Cari file gambar yang akan di masukan
5.     Klik “Open”
6.     Gambar yang di masukkan akan tampil di kotak


7.     Setelah video, audio dan gambar di masukkan, klik “Save and Exit.

Tampilan hasil import video, audio dan gambar






Demikian sekilas tentang 3D pageflip yang dapat saya jelaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar