Minggu, 13 Maret 2016

saatnya memanjakan laptop ku (posting 8)

SAATNYA MEMANJAKAN LAPTOP KU

            Ada beberapa software yang dapat kita gunakan untuk merawat notebook kita,  dua yang akan saya bahas adalah CCLeaner dan Tune Up utilities, karena kedua software ini telah terinstall di notebook Saya ini. 


I. CCleaner


 CCleaner adalah sebuah software utilityyang berfungsi untuk membersihkanRegistry, Chace, ataupun History di komputer kita  dengan aman, karena dengan registry yang bersih dan ramping akan berimpas pada komputer yang berjalan dengan lebih cepat. CCleaner memiliki antarmuka (interface) yang simple dan user friendly yang gampang di gunakan,  pada bagian Cleaner anda akan mendapati fungsi untuk membersih kan temporary file baik yang dihasilkan oleh windows maupun aplikasi lain. di bagian ini juga anda akan mendapati pilihan membersihkan jejak dari internet browser anda baik itu cookies, history, lastdownload hingga Autocomplete. Perangkat lunak komputer ini memiliki banyak kemampuan dan kelebihan di balik ukuran filenya yang relatif kecil. CCleaner akan membersihkan file-file yang tidak bermanfaat di sistem komputer Anda, sehingga akan mengurangi penggunaan
kapasitas harddisk dan akan mempercepat jalannya komputer Anda.



1.     Fungsi dari Ccleaner adalah untuk untuk optimalisasi sistem windows dan alat pembersih
windows. Ccleaner berfungsi sebagai alat untuk menghapus file-file sampah yang tidak di gunakan lagi oleh sistem windows. Dengan CCleaner ini akan mempercepat komputer dan menambah freespace hardiskmembuang dan memperbaiki kesalahan registry, bahkan bisa dipakai untuk membuang instalasi software yang membandel karena tidak bisa di-uninstall dengan cara reguler. Selain itu, CCleaner juga bisa dipakai untuk mengontrol jalannya program di startup. Program CCleaner banyak digunakan oleh berbagai kalangan pengguna komputer.

2.     Cara Menginstal Ccleaner:

Bagi yang belum punya software atau perangkat CCleaner dapat didownload.

Double Klik software atau perangkat CCleaner yang kita download tadi, lihat pada gambar ini 
  Muncul jendela"CCleaner v55.01 Setup" klick Next, lihat pada gambar dibawah ini :









Muncul jendela "CCleaner V5.01 Setup - Install Option" hapus centang Add Run CCleaner 
    option to Recycle contact menu, Add Open CCleaner Option to Recycle contactmenu, a
utomaticaly check for updates to CCleaner dan Enable Inteligent Cooke Scan lalu klick Next: 











 Mucul jendela " CCleaner v5.01 Setup" hapus centang Instal Google Chrome as my default browser klick Next, lihat pada gambar dibawah ini :


Muncul jendela "CCleaner v5.01 Setup - Installing" tunggu sampai selesai proses install CCleanernya.

 II. Tune up Utilities 




TuneUp Utilites 2014 merupakan salah satu software maintenance yang sangat saya sukai selain CCleaner, dengan menggunakan TuneUp Utilites 2014, maka file-file sampah yang ada di komputer dapat dibersihkan sehingga meningkatkan performa komputer tersebut. Dengan kata lain, banyak sekali manfaat yang didapatkan dari software ini.Sebagai software yang memiliki banyak manfaat tentu saja software ini tidak gratis. Apabila ingin mendapatkan fitur yang lengkap dalam jangka waktu yang lama, maka software ini harus diaktivasi. Aktivasi pun harus memiliki kode produk (product key) yang diperoleh dengan membeli produk tersebut. Masalahnya tidak semua orang memiliki kemauan untuk membeli, meskipun sangat ingin menggunakan dan merasakan manfaat dari software ini.
Fungsi lain TuneUp Utilities 2014 Full Version adalah untuk menjaga komputer sekaligus memperbaiki error Windows supaya bisa bekerja secara maksimal, fungsi tersebut bisa anda akses pada tab Maintenance. Fungsi lain TuneUp Utilities 2014 Full Version adalah untuk menjaga komputer sekaligus memperbaiki error Windows supaya bisa bekerja secara maksimal, fungsi tersebut bisa anda akses pada tab Maintenance. Perangkat ini juga dapat dipergunakan untuk memaksimalkan sistem operasi yang bekerja pada komputer. Program ini selain dapat memperbaiki registry juga mampu menata ulang (rewrite) registry Windows, sehingga memperkecil risiko kerusakan sistem dan mempercepat kinerjanya, selain itu juga mampu menghapus data pada harddisk hingga benar-benar tidak berbekas lagi serta berbagai macam pekerjaan perbaikan lainnya. Fitur Turbo Mode juga dikalim dapat meningkatkan performa komputer secara signifikan.

Cara Menginstal & Aktivasi TuneUp Utilities 2014
1.    1. Buka folder tempat tujuan download dan ekstrak TuneUp Utilities dari archive  
22. Buka folder hasil ekstrak tadi dan kemudian buka panduan (notepad file) yang terdapat dalam folder tersebut.
3.     Setelah reg berhasil dijalankan, maka selanjutnya adalah menginstalasi TuneUp Utilities di komputer.
4. Setelah itu,  maka akan terlihat instalasi TuneUp Utilities 2014
5.     Jika Instalasi berhasil, maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini. Silahkan Klik “Finish” untuk memulai TuneUp Utilities 2014.


6.     Langkah selanjutnya adalah aktivasi TuneUp Utilities 2014 dengan menggunakan kode yang terdapat dalam panduan. Namun sebelumnya kita akan dihadapkan dengan jendela seperti gambar di bawah ini. Klik saja “cancel” untuk tidak mengikuti (melewati) langkah tersebut.



maka akan muncul jendela TuneUp “TuneUp 1-Click Maintenance”. Untuk sementara kita lewati saja langkah ini. Fokus kita adalah mengaktivasi TuneUp Utilites 2014. 1-Click Maintenace dapat diaktifkan lagi setelah aktivasi selesai. 

7.     Perhatikan, setelah kita melihat jendela “TuneUp 1-Click Maintenance” muncul, klik saja tanda silang (x) di pojok kanan atas untuk “close” menutup program tersebut. Apabila kemudian muncul jendela lain, maka pilihlah “Start TuneUp Utilities Dashboard” seperti gambar di bawah ini.




8.     Setelah muncul jendela seperti di bawah ini. Silahkan klik “Help & Support” kemudian “Activate Product” di menu kanan atas untuk mengaktivasi produk dengan menggunakan kode yang terdapat dalam panduan.


9.     Setelah itu akan muncul jendela aktivasi produk. Dalam jendela tersebut, kita mengisi nama (silahkan masukkan nama anda), kemudian “organisasi” (tulis sembarang saja), kemudian mengisi “Product Key”. Silahkan copas kode yang terdapat dalam panduan. 
10.  Setelah product key terisi, maka langkah selanjutnya adalah mengaktivasi, klik “Next”




Apabila aktivasi berhasil, maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini. Klik “Finish”. Jika muncul “program restart required” klik saja “OK”.


Sekarang TuneUp Utilities 2014 telah teraktivasi dan dapat digunakan dengan semaksimal mungkin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar