Minggu, 13 Maret 2016

SOFTWARE PENDIDIKAN; ISPRING PRESENTER posting 9








Gambar 1
 iSpring Presenter


iSpring Presenter adalah software pembelajaran yang terintegrasi (add ins) dengan perangkat lunak Microsoft Power Point. Software ini merupakan salah satu tool yang mengubah file presentasi yang kompatibel dengan Power Point untuk menjadikan bentuk flash. Dengan iSpring Presenter bahan ajar dapat disajikan secara interaktif dan menarik. Selain itu evaluasi pembelajaran dapat disajikan dalam aneka bentuk. Misalnya True/False, Multiple Choice, Multiple Response, Type in, Matching, Sequence, Numeric, Fill in the Blank, Multiple Choice Text dan Word Bank.

ISpring Presenter  merupakan salah satu tool yang mengubah file presentasi menjadi bentuk flash  dan bentuk  SCORM / AICC, yaitu bentuk yang biasa digunakan dalam pembelajaran dengan e-learning LMS (Learning management System).











Gambar 2
Tampilan Menu iSpring Presentasi

Pada tampilan menu di atas terdapat salah satu icon QUIZ. Icon ini berfungsi untuk membuat jenis-jenis Quiz yang interaktif. Cara membuat quiz yaitu :

1.     Buka Microsoft Power Point. Sebelumnya telah terinstall software aplikasi iSpring Presenter. Jika belum terinstall maka install dahulu softwarenya.
2.     Klik icon Quiz. Selanjutnya pilih salah satu jenis quiz diinginkan. Pilihan quiz itu adalahTrue/False, Multiple Choice, Multiple Response, Type in, Matching, Sequence, Numeric, Fill in the Blank, Multiple Choice Text dan Word Bank.
3.     Sebagai contoh pilih Multiple Choice. Perhatikan gambar di bawah ini!.








 Gambar 3
Tampilan Quiz Maker Multiple Choice pada iSpring Presenter

4.     Tulislah naskah soal pada kolom Multiple Choice Question. Perhatikan gambar 3.
5.     Tulislah pilihan jawaban pada kolom answer. Jika pilihan itu ada 4 maka klik Add Choicesebanyak empat kali. Kemudian tulislah naskah pilihannya pada kolom premise, ganti alternative 1,2,3 atau 4 dengan pilihan yang anda inginkan.

6.     Sebagai kunci jawaban yang benar maka pilih jawabannya pada kolom correct. Lakukan hal yang sama untuk soal berikutnya.

7.     Jika telah selesai menuliskan soal selanjutnya save.


8.     Setelah tersimpan klik publish untuk mengkonversi dari power point menjadi file swf/flash.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar